Harga Sepatu Kulit Dipengaruhi oleh Hal Ini

Kebanyakan sepatu kulit dipilih oleh para pria untuk bisa tampil lebih fashionable. Namun bukan berarti para wanita tidak pernah memakai sepatu kulit. Hanya saja memang para pria lebih banyak yang mengenakan sepatu kulit. Bagi kaum laki-laki, sepatu kulit tidak hanya memberikan kesan fashionable saja. Tetapi juga melindungi kaki dan memberikan kesan modis pada si pemakai. Untuk jenis kulit yang digunakan untuk membuat sepatu sendiri pun bisa jadi berbagai macam. Mulai dari bahan kulit sintetis dan kulit asli hewan. Dari segi warna dan model sepatu kulit pria pun variatif. Dengan begitu mereka tidak akan bosan dan tidak segan untuk menambah koleksi sepatu kulit. Meskipun diawal terasa kaku, namun setelah dipakai terus menerus, sepatu kulit akan melar dan mengikuti bentuk kaki. Selain itu sepatu kulit juga awet untuk pemakaian jangka panjang.

Faktor yang Memengaruhi Harga Sepatu Kulit

Jika Anda melihat sepatu kulit pria di toko online atau offline, pastinya akan sedikit tercengang dengan harga yang ditawarkan. Sebab harganya ada murah sampai mahal. Mulai dari kisaran ratusan ribu sampai jutaan untuk sepatu kulit asli. Sedangkan untuk sepatu kulit sintetis umumnya hanya dipatok harga puluhan ribu. Mungkin Anda bertanya-tanya mengapa harga sepatu kulit bisa berbeda-beda. Nah berikut ini terdapat beberapa faktor yang memengaruhi harga sepatu kulit berbeda-beda.

  1. Bahan Kulit yang Digunakan

Seperti yang sudah dibahas sedikit diatas, bahwa sepatu kulit bisa dibuat dari bahan kulit sintetis dan bahan kulit asli hewan. Dari hal ini tentunya sudah diketahui bahwa untuk harga sepatu kulit asli tentunya akan lebih mahal dibandingkan dengan kulit sintetis. Hal ini dikarenakan proses penyamakan dan proses lainnya dari kulit asli. Jadi bukan hal aneh jika sepatu kulit asli memiliki harga yang sedikit lebih mahal.

  1. Model Sepatu

Kemudian dari segi model sepatu yang dipilih juga bisa memberikan perbedaan harga. Misalnya Anda memesan sepatu kulit langsung dari pengrajin dengan desain sendiri. Pastinya pengrajin akan membutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk membuatnya. Lain hal jika membeli sepatu yang sudah jadi. Selain itu antara satu model sepatu kulit dengan lainnya terkadang memiliki tingkat kesulitan sendiri-sendiri.

  1. Merek

Selanjutnya dari segi merek sepatu kulit yang dipilih juga memengaruhi harganya. Bandingkan jika Anda membeli sepatu kulit dari merek yang sudah terkenal. Lalu Anda membeli sepatu kulit lain dari merek yang belum terlalu terkenal. Pastinya ada perbedaan harga yang cukup signifikan antara keduanya bukan? Hal tersebut berkaitan dengan trust dari pemilik merek itu sendiri. Umumnya untuk sebuah merek atau brand yang sudah terkenal sudah dikenal luas oleh masyarakat. Ketika meluncurkan harga mahal tentunya bukan hal aneh. Tetapi untuk merek atau brand yang bisa dikatakan baru muncul, tentunya belum banyak pembelinya.

  1. Warna & Finishing

Hal terakhir yang memengaruhi penawaran harga sepatu kulit berbeda adalah dari segi warna dan finishing. Terkadang untuk warna lebih gelap memiliki harga lebih mahal dibandingkan dengan warna sepatu kulit terang. Namun juga bisa sebaliknya. Dari segi finishing yang digunakan pada sepatu kulit pun juga akan berpengaruh nantinya.

Tips Dalam Memilih Sepatu Kulit Pria

Meskipun semua sepatu kulit pria yang tersedia di pasaran memiliki model dan warna menarik. Namun nyatanya bukan berarti Anda bisa memilih sepatu kulit tersebut secara asal. Ada beberapa hal penting yang harus dipertimbangkan dengan baik sebelum melakukan pembelian sepatu kulit ini. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan kenyamanan dan keawetan dari sepatu kulit ini sendiri. Nah berikut ini ada beberapa tips memilih sepatu kulit pria yang perlu diketahui terlebih dahulu.

  • Menyesuaikan Acara

Saat akan memilih sepatu, ada baiknya jika mengetahui terlebih dahulu acara apa yang akan dihadiri. Ini dimaksudkan supaya sepatu yang dipilih bisa sesuai dengan acara itu sendiri. Terdapat banyak jenis bahan kulit, jadi pastikan untuk mengenali bahan tersebut agar cocok untuk mendukung penampilan. Untuk acara formal, baiknya memilih sepatu kulit dari bahan smooth leather. Yang mana biasanya dipakai untuk sepatu resmi. Jika tidak ingin ribet gonta ganti sepatu di acara casual dan formal, maka bisa menggunakan sepatu kulit bahan pull up leather. Yang mana bahan ini cocok untuk acara casual maupun formal. Tidak hanya bahan saja yang harus disesuaikan, tetapi juga harus menyesuaikan dengan model sepatunya. Apabila di acara resmi maka bisa memilih sepatu model dress shoes, oxford, atau pantofel. Sedangkan untuk acara casual bisa mengenakan loafers, sneakers, boots, atau lainnya.

  • Mengecek Konstruksi Sepatu

Pun Anda harus bisa mengecek konstruksi sepatu sebelum membelinya. Perlu diketahui bahwa konstruksi sepatu ini bisa memengaruhi beberapa hal. Diantaranya adalah keawetan dan kenyamanan sepatu kulit ketika dipakai. Terdapat 3 jenis konstruksi sepatu yang perlu diketahui. Yakni blake welting, cementing, dan goodyear welting. Blake welting adalah konstruksi jahitan sepatu yang memang umum dipakai. Hal ini membuat sepatu memiliki harga lebih terjangkau. Jahitannya pun awet dan cocok untuk desain sepatu sol tipis dan fleksibel. Konstruksi Cementing adalah yang paling mudah dan tidak membutuhkan biaya besar. Merupakan teknik memasang sol sepatu dengan di lem menggunakan perekat khusus. Ada jahitannya tetapi hanya sebagai dekoratif. Kemudian ada konstruksi goodyear welting, yang mana metode kuno tetapi membuat sepatu awet dipakai. Metode ini membuat air tidak masuk ke dalam sepatu, jahitannya pun kuat dan tahan lama.

  • Nyaman Dipakai

Jangan lupa untuk memilih sepatu yang naman untuk dikenakan. Kenyamanan ketika dipakai akan membuat si pemakai juga nyaman beraktivitas dengan sepatu tersebut. Untuk mendapatkan kenyamanan saat memakai sepatu bisa dari ukuran pemilihan yang tepat. Meskipun model sepatu yang dipilih keren dan tidak ada yang menyamai, namun jika ukurannya terlalu kecil atau terlalu besar. Pastinya akan membuat tidak nyaman dipakai. Juga membuat sulit untuk bergerak ke sana kemari. Oleh sebab itulah, sangat penting bagi Anda untuk bisa memilih sepatu dengan ukuran pas. Hal ini tentunya akan meminimalkan risiko cedera.

  • Memilih Warna Sesuai Kebutuhan

Hal terakhir yang harus dipastikan saat memilih sepatu kulit adalah dari segi warnanya. Akan lebih baik jika Anda bisa memilih warna sepatu sesuai kebutuhan. Para pria memiliki selera sendiri jika mengenai warna dan model sepatu kulit. Jadi pastikan untuk memilih warna sepatu sesuai outfit yang akan dipakai. Apabila Anda termasuk orang simpel, bisa memilih warna sepatu netral saja. Dengan mengenakan sepatu warna netral maka bisa secara mudah menyesuaikan dengan pakaian apa saja. Namun satu hal yang harus dipertimbangkan adalah suasananya. Jika suasana non formal, maka tidak masalah menggunakan sepatu warna apa saja. Tetapi jika untuk kebutuhan formal,  pastikan untuk menggunakan warna sepatu kulit yang netral.