Tips Merawat Sepatu Kulit Supaya Tidak Bau & Tidak Pecah

Sepatu memang menjadi salah satu alas kaki yang juga banyak peminatnya. Model, bahan pembuatan dan jenisnya yang beragam membuat kita bisa memilih sesuai kebutuhan. Salah satu jenis sepatu yang menjadi favorit banyak orang, terlebih orang yang bekerja di perusahaan adalah sepatu kulit. Dimana hampir semua orang perusahaan terutama kaum Adam menggunakan sepatu kulit ini. Biasanya setiap orang akan memiliki beberapa pasang sepatu kulit untuk digunakan bergantian ketika bekerja. Untuk harga sepatu kulit sendiri memang dikatakan mahal. Hal ini dikarenakan bahan yang digunakan membuat sepatu itu sendiri. Sepatu kulit memang bisa dibuat dari bahan kulit asli atau kulit sintetis. Kedua jenis sepatu ini memang mempunyai harga yang berbeda. Namun harga sepatu kulit sintetis sendiri pun masih tergolong cukup mahal.

10 Cara Merawat Sepatu Kulit Supaya Awet

Mengenakan sepatu kulit bisa membuat penampilan menjadi lebih keren, fashionable, dan terlihat berkelas. Tapi bayangkan jika penampilan sudah maksimal, tetapi sepatu kulit yang akan dipakai ternyata berjamur atau bau. Tentunya kita menjadi enggan untuk mengenakan sepatu tersebut bukan? Nah, supaya sepatu kulit bisa lebih terawat dan tahan lama. Berikut ini terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuat sepatu kulit menjadi lebih tahan lama dan anti bau.

  1. Ketahui Jenis Sepatu Kulit

Untuk hal pertama yang harus dilakukan adalah mengetahui jenis kulit apa pada sepatu kulit. Umumnya sepatu kulit dihadirkan dalam beberapa variasi dengan tingkat kelembapan, keelastisan, dan ketahanan berbeda. Sepatu dengan bahan kulit full grain mempunyai keelastisan dan ketahanan lebih baik. Full grain biasanya mempunyai permukaan lebih kasar. Jika dilengkapi dengan perawatan sepatu kulit baik dan benar, tentunya akan tahan lama. Selain itu juga ada sepatu kulit dari bahan top grain yang juga tahan lama, tetapi kualitasnya dibawah full grain.

  1. Menghindarkan Sepatu Kulit dari Kelembapan

Hindarkan sepatu kulit dari kelembapan yang berlebih supaya tidak mudah pecah. Sebisa mungkin jauhkan dari air. Apabila basah, segera keringkan sampai benar-benar kering menggunakan kertas koran kering dan di angin-anginkan. Jangan mengeringkan sepatu kulit di tempat panas karena hanya akan membuat sepatu kulit menjadi kering dan retak. Sebenarnya sepatu kulit dari jenis apapun harus dijaga dari udara lembab, karena udara yang lembab bisa membuat sepatu berjamur dan lapuk. Yang mana nantinya tidak bagus lagi ketika dipakai.

  1. Menambahkan Silica Gel

Pastinya Anda pernah menjumpai gel silica ini ketika membeli sepatu dengan bahan apa pun bukan? Terkadang kita malah menyepelekan gel silica ini dengan membuang. Padahal gel silica ini membantu sepatu menyerap kelembapan dari udara di sekitar tempat penyimpanan. Ini karena kondisi udara yang lembap bisa membuat bahan kulit mudah untuk teroksidasi. Yang mana menjadi pemicu dari tumbuhnya bakteri, jamur, dan perubahan warna pada sepatu kulit. Oleh sebab itulah, sangat penting untuk memasukkan gel silica ini ke dalam sepatu supaya tidak bau ketika beberapa waktu tidak dipakai.

  1. Membersihkan dengan Lotion Khusus

Anda juga bisa memanfaatkan lotion khusus untuk merawat sepatu kulit supaya tidak mudah retak atau bau. Membersihkan sepatu kulit dengan menggunakan lotion ini pun cukup dengan menepuk-nepukkan spons yang sudah diberikan lotion ke sepatu kulit. Perlu diperhatikan dengan baik terlebih dahulu. Bahwa jangan membersihkan sepatu kulit kotor menggunakan lap basah. Sebab hal ini hanya akan membuat bahan kulit menjadi pecah atau rusak.

  1. Jangan Menyimpan Menggunakan Plastik

Ketika menyimpan sepatu kulit, ada baiknya jangan menggunakan plastik. Plastik adalah musuh terbesar dari bahan kulit, ini karena plastik mampu menyerap warna sampai pudar. Selain itu plastik yang menempel pada bahan kulit pun akan membuat lembap dan memicu tumbuhnya jamur. Bayangkan jika sepatu kulit yang dibeli baru beberapa bulan lalu dan baru dipakai satu kali. Namun disimpan menggunakan plastik, dan berubah warna. Tentunya akan membuat kita kecewa bukan. Ada baiknya gunakan dust bag untuk menyimpan sepatu kulit. Sebab dust bag sudah dirancang secara khusus untuk mempertahankan kualitas dan warna produk kulit. Kemudian masukkan ke dalam kotak sepatu.

  1. Keluarkan Setiap Dua Minggu Sekali

Meskipun sepatu kulit yang dibeli jarang dipakai, namun bukan berarti bisa disimpan begitu saja selama berbulan-bulan. Mempunyai sepatu kulit memang membutuhkan perawatan yang detail, ada harga mahal yang tidak boleh disia-siakan. Oleh sebab itulah harus rajin untuk mengeluarkan sepatu kulit dari kotak penyimpanan. Minimal 2 minggu sekali bisa dikeluarkan dari kotak. Sepatu dari bahan kulit pun membutuhkan suhu udara normal untuk menjaga permukaan supaya tetap kering dan tidak lembap. Jika disimpan terlalu lama, hal ini akan membuat lembap dan membuat permukaan mengelupas serta menimbulkan bau tidak sedap.

  1. Menyimpan dengan Rapi

Saat menyimpan sepatu kulit usahakan di tata dengan rapi. Hal ini dimaksudkan untuk meminimalisir sepatu kulit dari kerusakan atau kulit yang pecah-pecah. Berikan jarak aman dari satu pasang sepatu dengan sepasang satu lainnya. Saat sepatu kulit bergesekan dengan sepatu lainnya akan menimbulkan noda baret permanen dan sulit dihilangkan. Anda juga bisa menggunakan pengganjal khusus sepatu untuk mempertahankan bentuknya. Kayu aras (cedar wood) menjadi salah satu pengganjal sepatu kulit terbaik. Ini dikarenakan kayu aras mempunyai bau yang bisa menangkal serangan ngengat dan menyerap kelembapan, serta bau.

  1. Rajin untuk Menyemir Sepatu

Supaya sepatu kulit tetap cantik dan warnanya tetap cemerlang, gunakan semir sepatu. Pastikan untuk memilih semir sepatu yang terpercaya dan tidak merusak warna nantinya. Cari semir sepatu yang memiliki warna paling mirip dengan warna sepatu kulit. Juga jangan lupa menyemir sepatu kulit satu arah supaya warna yang dihasilkan menjadi terlihat lebih alami. Menyemir sepatu tidak hanya membuat warna terlihat menarik saja. Namun juga membuat lebih rapi dan terlihat bahwa sepatu kulit tersebut benar-benar dirawat dengan baik.

  1. Jangan Memakai Sepatu Basah

Biasanya saat terjebak hujan dan kondisi sepatu basah kuyup, kita akan tetap memakainya. Perlu diketahui bahwa hal ini sangat salah dan tidak dianjurkan sama sekali. Ini dikarenakan menggunakan sepatu dalam keadaan basah hanya akan membuat sepatu cepat rusak. Air akan membuat bahan kulit mengembang dan mempermudah mengelupas. Oleh sebab itulah, ada baiknya jika melepas sepatu kulit dan mengganti dengan sandal saja ketika sudah terlanjur basah.

  1. Menyimpan di Ruang yang Cukup

Salah satu kesalahan dalam menyimpan sepatu kulit adalah menumpuk. Padahal harus diingat bahwa sepatu harus disimpan pada ruangan cukup lega supaya udara di dalam sepatu berlangsung baik. Menumpuk sepatu hanya akan membuat lapisan mudah tergores dan mengelupas. Oleh sebab itulah, pastikan untuk menyiapkan tempat sepatu kulit yang cukup luas.

Nah itulah beberapa hal yang harus dilakukan dalam merawat sepatu kulit supaya tidak mudah bau dan retak. Jangan sampai sepatu kulit favorit menjadi cepat rusak karena salah dalam perawatan.